+10 344 123 64 77

Jumat, 02 Agustus 2013

Pentingnya Sikap Menghargai dan Bersyukur

Seberapa penting sih sikap menghargai dan bersyukur itu?

Sikap menghargai sangat erat kaitannya dengan bersyukur dan merupakan aspek penting dalam berkehidupan. Sikap menghargai sebenarnya tidak hanya ditujukan terhadap makhluk hidup saja, bahkan pada benda tak hidup pun perlu kita lakukan. Mungkin, banyak orang yang hanya “menggunakan” sikap menghargainya hanya untuk menjaga perasaan orang lain saja (terhadap manusia), atau tidak “menggunakan” dengan baik rasa menghargai/bersyukurnya itu terhadap segala hal yang telah dimilikinya. Tanpa disadari, kondisi tersebut cukup berbahaya – dan perlu ditanggapi dengan serius. Maka dari itu, timbulah sebuah pertanyaan, “seberapa penting sih sikap menghargai dan bersyukur itu?”. Pertanyaan tesebut akan terjawab setelah Anda membaca isi dari keseluruhan artikel.

Sudut pandang

Kebanyakan orang, tidak menghargai segala hal yang taken for granthed (telah lekat dengannya atau memang sudah terberi untuknya) dengan kata lain, sudah ditakdirkan untuknya. Inilah yang membuat kita tidak bahagia dalam menjalani hidup. Kita cenderung untuk menganggap hal-hal yang telah kita miliki dengan mudah kurang berarti dan menganggap hal yang tidak kita miliki – yang memerlukan usaha lebih untuk mendapatkannya, menjadi sangat berarti.

Analoginya, bayangkan saat Anda berobat ke dokter lalu Anda  diberitahu bahwa kemungkinan besar Anda akan kehilangan indra penglihatan, pasti Anda akan lebih mensyukuri dan menghargai lagi pentingnya mata. Rasa syukur akan muncul manakala sesuatu yang telah kita miliki bisa jadi tidak kita miliki lagi.

Elemen penting untuk meningkatkan rasa menghargai dan bersyukur

Elemen penting tersebut adalah keraguan. Kenapa keraguan? Karena tanpa adanya rasa ragu terhadap suatu hal yang Anda miliki, maka Anda akan merasa hal tersebut sebagai sesuatu yang taken for granthed dan semakin reduplah rasa bersyukur Anda terhadap hal tersebut. Oleh karena itu, Anda harus memunculkan keraguan terhadap segala hal yang telah Anda miliki, bahwa hal tersebut bisa saja sewaktu-waktu tidak lagi Anda miliki. Dengan begitu, Anda akan menganggap segala sesuatu yang kapan saja bisa tidak Anda miliki lagi, sebagai sesuatu yang taken for granthed
Karena apapun yang Anda miliki dapat kapan saja tidak lagi Anda miliki, kenapa tidak – Anda menciptakan lebih banyak keraguan dalam diri Anda? Tentunya keraguan yang dimaksud berkenaan tentang sikap kita dalam memposisikan segala hal yang telah kita miliki, sebagai sesuatu yang kapan saja bisa hilang dari diri kita.

Itulah sedikit pembahasan saya mengenai Pentingnya Sikap Menghargai dan Bersyukur beserta solusi untuk menumbuhkan rasa menghargai dan bersyukur dalam diri kita. Diharapkan setelah membaca keseluruhan artikel, kalian akan mampu mengukur seberapa penting sikap menghargai dan bersyukur dalam kehidupan. Mungkin, ini baru sebagian kecil saja permasalahan seputar sikap Menghargai dan Bersyukur – yang biasa kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Namun, semoga saja pembahasan singkat saya ini dapat bermanfaat dan memberikan efek positif bagi kita semua, khususnya bagi para pembaca/blogger sekalian.

2 komentar:

  1. bersyukurlah selalu.

    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus