+10 344 123 64 77

Jumat, 26 Juli 2013

Tips Belajar Secara Otodidak

Di era modern ini, belajar secara otodidak menjadi metode pembelajaran yang cukup banyak diminati karena kita telah dimudahkan dengan suguhan media internet sebagai alat kita dalam mencari berbagai informasi yang akan kita pelajari. Apapun yang akan kita cari/pelajari sudah tersedia lengkap di internet lengkap dengan tutorialnya dari berbagai sumber yang cukup terpercaya, dan informasi/materi pembelajaran tersebut lebih sering berbentuk e-book gratis yang bisa langsung kita download. Namun, dalam belajar secara otodidak tidaklah semudah seperti kita mendapatkan infomasi/materi pembelajaran tersebut. Terdapat berbagai kendala yang akan membayangi kita saat kita belajar secara otodidak.
Nah, dalam postingan ini, saya akan mengusut tuntas (mudah-mudahan) berbagai kendala dan juga tips agar metode pembelajaran kita yang secara otodidak itu, dapat menghasilkan hasil maksimal yang insyallah bermanfaat bagi kita semua.
Adapun kendala-kendala yang sering dialami dalam proses belajar otodidak, diantaranya:

1. Kurangnya Motivasi dan Semangat

Hal ini menyebabkan Anda lebih cepat merasa bosan dan malas saat sedang belajar, dan akibatnya pembelajaran akan kurang efektif. Hal itu disebabkan karena kurang adanya paksaan dari pihak eksternal, atau dalam sekolahan bisa diasumsikan sebagai guru. Kenapa harus ada paksaan? Paksaan di sini adalah "si pemberi" motivasi dan semangat yang akan mendorong Anda lebih mengoptimalkan pembelajaran yang sedang Anda lakukan.
  

2. Terlalu Banyak Materi Pembelajaran

Banyaknya materi pembelajaran yang tersedia justru sering kali menimbulkan masalah yang sering tidak kita sadari. Biasanya saat mencari materi di internet dengan mengetikan kata kunci tertentu dalam search engine lalu menekan enter, maka langsung akan muncul banyak blog/web dengan tutorial on the spot atau berupa link download e-book yang menyediakan berbagai materi (lebih baik Anda memilih untuk men-download e-book, karena lebih efisien). Di sini kita akan bingung memilih materi mana yang sebaiknya dipelajari terlebih dahulu.

3. Tidak Adanya Moderator

Moderator adalah pembimbing yang akan mengarahkan Anda dalam belajar menjadi lebih efektif lagi. Moderator juga dapat dijadikan sebagai media tanya-jawab secara langsung saat menemukan suatu kendalan. Sang Moderator haruslah seseorang yang ahli dalam bidang yang sedang Anda pelajari.

Langsung saja kita masuk ke dalam pokok pembahasan. Berikut adalah tips agar metode belajar otodidak Anda menjadi lebih optimal, diantaranya : 

1. Konsisten

Tingkat konsistensi yang tinggi sangat berpengaruh pada hasil pembelajaran yang akan Anda dapatkan.

2. Target

Sebelum belajar, alangkah baiknya Anda menentukan terlebih dahulu target apa yang akan Anda capai dan jadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk Anda. Dengan adanya target, pembelajaran Anda insyaallah akan lebih terarah.

3. Pengumpulan Materi

Downloadlah beberapa e-book yang menurut Anda bagus. Setelah itu, fokuslah dalam mempelajari satu e-book terlebih dahulu (jangan di "cek-clok").

4. Manajemen waktu

Untuk lebih mengorganisir dan mengoptimalkan pembelajaran, perlu sekiranya dibuat jadwal belajar secara berkala dan jangan sampai proses pembelajaran terputus begitu saja ditengah jalan.

5. Percobaan & Kegagalan

Dalam belajar otodidak, Anda sangat memerlukan percobaan-percobaan (eksperimen) yang tentunya tidak akan berhasil begitu saja dalam satu kali percobaan. Anda pasti mengalami banyak sekali kegagalan, namun dari sanalah secara tidak sadar ilmu Anda akan semakin bertambah.

6. Membuat Kelompok Belajar

Sebenarnya pembuatan kelompok belajar tidak begitu diharuskan, namun tidak ada salahnya Anda membuat kelompok belajar bersama beberapa teman Anda, yang tentunya mempelajari hal yang sama dengan yang sedang Anda pelajari. Dengan begitu, proses tanya-jawab secara langsung akan terjadi yang berdampak kegiatan belajar Anda menjadi lebih bervariatif.
Mungkin sekian saja yang dapat saya sampaikan mengenai Tips Belajar Secara Otodidak. Semoga artikel di atas dapat sangat bermanfaat bagi kita semua.  Dan mohon maaf jika ada salah-salah kata.

2 komentar: